kryptonexo_jung`sdiary

The Layar Tancep Exo Planet in Jakarta

Sabtu, 06/09/14

Sejak kemarin gue selalu menyempatkan diri mengintip timeline untuk mengecek kabar terbaru soal konser EXO. The Lost Planet in Jakarta putaran pertama yang bakal digelar di Lapangan D Senayan malam nanti.

Dan sebenarnya tindakan itu justru menambah kegalauanku yang akan menjadi satu dari sekian banyak EXOL yang berhalangan tidak bisa menyaksikan aksi panggung mereka secara langsung. Gue gak punya tiket. Dan keadaan finansial gue setelah lebaran tentu saja sedang tidak mendukung. Sedih iya. Karena sepanjang perjalanan gue menjadi Kpopers, ini pertama kalinya gue ngefans sampai yang sebegini mendalamnya ya sama EXO. Ketika pada akhirnya yang gue tunggu-tunggu datang ke negara gue, satu pulau ama gue,satu kota bahkan sama gue dan gue yang gak berdaya gak bisa ketemu mereka itu rasanya hati kaya yang diremas-remas nyeri. Asli. Tak mau memungkiri kenyataan, gue hanya bisa melapangkan diri gue sendiri. ” Nggak apa-apa gak sekarang, masih ada TLP kedua insyaAllah.” Dan bahkan gue hingga memotivasi diri gue supaya gue musti jadi orang sukses nih biar kalau perlu gue langsung nyamperin ke Korea sana, ke gedung SM buat ketemu mereka. Dan alhamdulillah itu manjur, hati gue agak tenang.

Tapi meski pun gue gak nonton, gue tetep ada rencana ke lokasi konser sepulang kerja. Gue ada janji ketemuan ama kenalan grup EXO di whatApp yang kebetulan mau nonton dan dia dari Bandung. Pikir gue sekalian silaturahmi kan, mumpung dia ke Jakarta. So, dari malam gue udah nyiapin segala sesuatunya berasa gue mau nonton konsernya beneran. Bahkan gue ampe pake kaos XOXO warna abu-abu. Biasa, gue emang orangnya sedikit rempong.

Hari Sabtu itu biasanya gue balik jam dua belas, karena memang cuman setengah hari aja. Dan rencananya jam setengah dua belas gue mau langsung kabur. Biasanya kalau hari Sabtu kerja santai gak terlalu banyak kerjaan gitu. Tapi entah kenapa sepertinya hari itu gue dipersulit.

Jam 11.15 gue udah siap-siap pergi. Semua kerjaan untuk hari Senin pun udah gue beresin sekaligus. Eh, kok, ndilalah marketing gue yang emang agak rese dateng tuh nyuruh-nyuruh gue ini itu. Kebetulan gue kerja di perusahaan logistik. Si marketing gue ini nyuruh nyiapin pengiriman barang yang kebetulan emang agak urgent, tgl 10 udah harus nyampe, sementara barangnya sendiri belum nyampe di gudang. Customer masih dalam perjalanan dari Cakung. Gue udah yang deg-degan ampe misuh-misuh kampret masa iya gue musti nungguin barang sampe dulu sih? Mau berangkat jam berapa gue? Gue mencoba tenang. Agak tegang juga sih, apalagi tau kalo jalanan lagi pada macet. Setelah berunding begini dan begitu akhirnya itu tugas nerima barang diserahin ama orang lapangan yang biasa nerimain barang juga. Dan tet jam 13.00 WIB gue akhirnya bisa keluar juga dari sana. Gue masih sempet beli minum dan snack seabreg buat bekal gue sama niatnya mau buat kenalan gue karena gue udah janji bakal bawain makanan. Sama sekali nggak inget ama peraturan kalo masuk venue gak boleh bawa makanan.

Cobaannya, padahal gak nonton lho ini, jalan menuju tempat gue janjian ama adek gue yang gue ajakin buat nemenin gue juga macet parah. Perjalanan yang mustinya bisa ditempuh dalam waktu setengah jam ini jadi satu setengah jam. Di perjalanan gue udah yang panik dan stress. Dalam pikiran gue saat itu gue takut gak sempet ketemu kenalan gue itu. Pure itu. Terlebih pas nyampe tempat janjian ama adek, langit udah yang mendung gitu. Lagi- lagi yang gue pikirin bukan gue tapi orang lain. Kali ini kepikiran EXO. Waduh kalo ujan gimana perform mereka? Venue nya outdoor, panggung pasti jadi licin dan sebagainya. Udah gitu pas udah ketemu adek gue mendadak gerimis, hati rasanya lemes. Lalu Allah ngasih kemudahan, bus yang buat menuju ke lokasi pas banget dateng ( gue dari Bekasi). Buru-buru dong kita naik.

Sejenak merasa aman. Mendekati daerah Kota lebih tenang lagi karena ternyata kering terang benderang tidak hujan.

Sampai di Senayan, sekitar jam 16.00 WIB. Antrian di Gate masuk udah panjang mengular. Gue nge whatApp temen gue itu tapi gak double checklist, artinya gak kekirim. Gue udah pesimis kayanya gak bakal ketemu. Mungkin dia udah di dalam antrian yang panjang itu.

Akhirnya gue berdua adek duduk di trotoar seberang antrean sembari nunggu temennya adek gue yg mau dateng. Kebetulan sebelah kiri gue ada Mbak-Mbak Korean gitu. Gue gak yakin apa itu fansite noona atau bukan. Tapi Oh my God, itu putihnya beningnya hahhahahaah astaga kinclong banget. Seketika itu juga gue mikir, orang biasa aja begini apalagi artisnya coba???

Selama masa penungguan teman adek gue dan balasan whatApp yang tak kunjung datang, mau gak mau gue memperhatikan keadaan sekitar gue. Kendaraan yang berlalu lalang, lautan manusia, Mbak-Mbak Korea yang di sebelah gue juga para pedagang pernak-pernik EXO yang berjajar seeeeeepanjang trotoar. Di sela-sela itu gue juga nyempetin diri buat ngemil.

Yang nggak ketinggalan tentu aja calo. Dan Mbak-Mbak Korean itu pun nggak luput dari sasaran. Bahkan sempet terjadi tawar-menawar. Gila aja ya itu calo nawarin VIP yg harganya 2 jutaan jadi 4,5juta!!! Gue nggak tau akhirnya mereka gimana. Tadinya gue pengin ngelarang mereka beli dicalo karena riskan masalah keasliannya, tapi berhubung keterbatasan bahasa gue cuman bisa diam.

Adek temen gue udah dateng. Dan gue juga sepertinya gak bisa ketemu ama kenalan gue tanpa adanya komunikasi. Sinyal juga kamprettt banget pokoknya. Alhasil kita bertiga mutusin buat jalan-jalan sembari salah satu tangan gue masih ngejinjing tas plastik yang isinya snack yang belum kemakan.

Kita muterin lokasi sembari memupuk harap kali aja bakal ada tiket murah yang ramah ama dompet gue. Kita muter beneran yang muter dari Gate masuk yang udah mulai dibuka sampai ke belakang terus sampai nembus JCC. Kita bertiga juga sebenernya nyari celah siapa tau bisa ngintip konser dikit. Tapi hasilnya nihil. Aslinya rencana awal gue setelah ketemu temen gue itu gue langsung pulang. Tapi pasan udah sampai di samping JCC yang juga sampingan sama panggung dan itu dibatesin ama tembok dan pager tinggi kemudian lagu-lagu EXO yang mulai diputer terdengar jelas…  itu membangkitkan keinginan kita bertiga buat nekad beneran nyari celah biar bisa nonton atau nggak ngintip dikit deh bisa liat bias gue. Hati pun mulai diliputi rasa galau.

Menjelang konser dimulai kita mulai putus asa. Sempet terbersit pengin nonton dari rooftop JCC yang ngadep area konser,tapi pas masuk JCC yang waktu itu ada pameran kita nggak nemu lift. Dan kalo pun nemu takutnya pas konser selese gedung juga udah pada ke konci. Nggak bisa bayangin kalo ide itu terlaksana tapi kitanya berakhir dgn terkunci di gedung JCC. Bisa jadi headline news pagi-pagi besok.

Kita lalu mutusin buat nongkrongin tiket box. Menurut pengalaman adek gue dan temennya yang udah hampir jadi nonton Smtown taun lalu, pas mendekati terakhiran bakal ada yang jual tiket murah langsung dari promotor. Tapi kayanya untuk yang satu ini harapan tinggal harapan. Begitu konser dimulai dengan sambutan histeria EXOL nun jauh di dalam venue sana hingga para member satu persatu intro. Gue hanya bisa pasrah dan gak bisa nahan tangis. Ya Allah, pengin banget liat mereka ya Allah…

Lalu secercah jalan itu muncul. Kita ngeliat segerombolan anak melangkah melalui lapangan bola di samping lokasi ticket box. Kita akhirnya ngikutin mereka. Dan sampailah kita ke wilayah jalan yang sepertinya digunain sebagai akses keluar-masuk EXO beserta staffnya dll. Di sana udah ada sebagian kecil fans yang berdiri jejeritan manggil nama bias masing-masing. Dari situ kita bisa ngliat panggung. Just panggung dari jarak pandang seratus meteran mungkin. Pas di depan tempat kita berdiri itu dijaga ama para security yang gak ngijinin kita buat ngelangkah lebih jauh. Lalu ada anak lain yang jalan dgn satu orang oknum berpakaian tentara loreng ijo menuju venue sana, denger-denger dia anak jenderal apa gimana gue gak ngerti. Saat itu pikiran gue dipenuhi EXO, EXO dan EXO

Gue ngeliat sekeliling sembari muter otak gimana caranya biar bisa ngeliat lebih deket. Dan… lapangan samping yg kalo gak salah lapangan tenis menjadi pilihan. Kebetulan banget pintunya kebuka. Kita masuk lewat sana dan OH my God we are one step closer. Sejenak gue ngerasa puas dengan posisi gue saat itu. Bisa ngeliat lewat layar lebarnya aja udah seneng banget, haru banget. Ya Tuhan itu EXO!!! Itu yang idola-idola gue. Mereka ada di depan mata gue. Rasanya masih gak percaya.

image

Gue nggak puas sampe disitu. Gila ya gue ini… entahlah. Penyusupan akan selalu aman kalo nggak ketauan. Merasa gak jelas dengan pemandangan di hadapan gue, kita pindah ke lapangan seberangnya lagi. Berhubung pintunya di kunci kita nekat lompat pagar. Beneran niat banget nyusup. Cuman meduliin liat EXO doang pokonya. Kita ngendap maju terus kedepan dan ternyata disitu udah ada beberapa fans juga yang duduk di kegelapan beralaskan rerumputan lapangan. Kita disuruh jangan berisik biar gak di usir. Gak lama nambah lagi beberapa juga. Sebagian mereka bisa masuk karena penjaga pintu di belakang ticket box berbaik hati nyusupin mereka. Itu akses buat staff ama media kalo gak salah. Dan disinilah akhirnya kami menikmati pertunjukan THE LAYAR TANCEP EXO IN JAKARTA. Kami yang histeris tertahan demi nggak diusir keamanan. Menahan ke-exitement-an kami bisa ngelihat EXO dari gelap dan kejauhan.

image

Tapi rasanya tetep aja bahagia. Gak terkiraaaa….

Kami menikmati pertunjukan, bernyanyi bersama hingga usai. Tak lupa ikut menjulurkan tangan tinggi, melambai berharap anak-anak EXO setidaknya tau keberadaan kami.

Ketika konser usai, kami tak segera beranjak. Kita nekat menunggu keluarnya EXO lewat jalan di depan kami. Lokasi sudah mulai sepi. Yang ramai di bagian depan pintu masuk sana. Beberapa dari kami mengobrol mencari tahu kira-kira kapan EXO keluar? Si pak keamanan enggan menjawab.

Lalu sekitar setengah jam kemudian dua buah mobil minibus dikawal polisi lewat di hadapan kami. Tentu saja kami kira itu mereka. Mereka yang mau langsung menuju bandara usai konser karena Baekki dan Suho haris ngMC di Inkigayo pagi harinya. Tapi hati gue rasanya kurang greget. Meski pun ada seseorang dgn kaos merah membalas lambaian kami, tapi gue kurang yakin.

Sementara yang lainnya akhirnya memutuskan menyudahi penungguan karena menurut keterangan keamanannya EXO udah pergi pake mobil depan tadi. Lain halnya dengan gue, adek gue dan temennya yang terus bertahan.

Bagian samping panggung yang udah sepi tiba-tiba diterangi sorotan lampu depan mobil. Dari kejauhan kita ngeliat kegiatan hilir mudik. Gue deg-degan. EXO bukan EXO bukan? Ya Allah…

Lalu gak lama, kendaraan menyerupai minibus pertama keluar dan ternyata itu bus toilet. Gue makin deg-degan takut penungguan gue sia-sia. Takut kalo keyakinan gue salah. Takut EXO beneran udah keluar pake mobil pertama tadi.

Selang beberapa lama bus toilet kembali muncul dengan tiga orang polisi yang mengenakan motor patroli di belakangnya. Bus toilet itu ama keamanan disuruh belok dulu mendahulukan pak polisi yang dibelakangnya sudah ada mobil hitam. Jantung gue memacu lebih cepat. Berharap yang di mobil hitam itu ada anak EXOnya. Tapi begitu pak polisi dan mobil hitam itu lewat depan kita, kita tau kalo di dalamnya cuman ada orang-orang keamanan berpakaian hitam karena kebetulan jendelanya dibuka dan mereka dadah dadah ke kita seolah mereka artisnya… pede kali kau pak.

And then,,, dua buah mobil minibus berwarna biru berjalan keluar beriringan. Dan GOD ALLAH DEMI TUHAN ITU EXOOOOOOOO!!!

Kita bertiga kegirangan dan tentu aja dadah- dadah. Dan SUMPAAAAAAAH, Luhan yang duduk di jok belakang sopir bales melambai sembari tersenyum. Abang Luhan baeee bangettttt, gue terharu. Gue menitikkan airmata bahagia. Mobil berlalu dan kita bertiga berjalan pulang setengah berlari. Gue yang kegirangan setengah mati menjeritkan nama bias gue, Chanyeol sekuat tenaga. Manggil EXO segala macem gak peduli abis ini suara gue abis.

Itu hari yang bikin gue gak bisa move on. Hari yang sulit tapi juga menyenangkan. Bisa dibilang beruntung juga. Tanpa tiket, tapi tetep bisa ngeliat mereka live!!! Dan gue berjanji serta bakal berusaha SMTOWN ini bakal ngeliat mereka lagi bersama keluarga besarnya.

Hari itu nggak bakal gue lupain selama Tuhan ngasih daya gue buat mengingatnya. Gue gak akan lupa rasa pegal kaki gue keliling area konser. Gak akan lupa sama usaha gue hingga manjat pagar segala rupa yang ATTENTION KELAKUAN GUE INI GAK TERPUJI DAN NGGAK PATUT DITIRU. Gak akan lupa sama kita para penonton layar tancep EXO duduk di atas rerumputan basah. Dibawah guyuran hujan gerimis. Melihat EXO dari kejauhan dalam keterbatas cahaya. Bernyanyi bersama mengikuti lagu-lagu yang mereka nyanyikan. Semuanya. Satu persatu masih terekam baik di ingatan. Dan gue, insyaAllah itu pertama dan terakhir kalinya menjadi penyusup. Karena selain itu nyalahin aturan. Itu juga akan gak fair buat penonton resmi yang rela bayar mahal buat nonton. Dan juga yang namanya keberuntungan itu tidak senantiasa setiap saat mengikuti. So ini hanya sebuah pengalaman berharga yang gak semua orang alamin. Pengalaman pertama ketemu EXO. Dan gue, secara resmi menyatakan semakin jatuh terperosok ke pelukan EXO…

image

8 tanggapan untuk “The Layar Tancep Exo Planet in Jakarta”

  1. omg eonni!! gw makin ngga bisa move on dr exo! udah seminggu lewat tapi masih jelas bangeeet dipikiran. omg omg gw beneraan bisa liat exo? rasanya masih ngga percaya… bener2 yang unforgetable moment :’)

    1. Hehehehhe iya itu ibarat kejatuhan durian montong yg udah siap makan hahahhahah,,, nae blom tau chingu SMTOWN di Ina denger2 ahir taun atau taun depan mgkin karena SM juga merilis tgl konsernya masih satu satu blum global. Kita tunggu aja ya, chingu berminat?

  2. unni keren amat dah demi ngeliat exo segala resiko unni siap menghadapinya. Jadi envy dah unni, walaupun masuk tanpa tiket, tapi beruntungnya…

  3. Kalo aku tinggal dijakarta aku psati bakal mengikuti cara ini utk nonton konser lain…klo utk exo hrus pke tiket asli..biar pernah ngrasain sewilayah ama exo wkwkwk😁

Tinggalkan komentar