kryptonexo_jung`sdiary

Album EXODUS dalam Kacamata Gue

image

Seperti halnya seperti bunga sakura yang mulai mekar, hati gue juga lagi nggak kalah mekarnya. Penuh ampe ke sudut yang paling sudut.

Seger banget, indah, pokoknya hati gue sedang dalam mood yang sangat baik ketika gue akhirnya memutuskan untuk nulis kali ini.

image

Kalian tau kenapa?

Karena kemarin Exo menang di program musik. Horeeeeeee. Sejarah kemenangan pertama untuk comeback Exodus, 150405 #CallMeBaby1stWin in Inkigayo. Dan skornya sempurna, 10.000. Duh, lagi-lagi kita ketemu ama angka 10. Yangmana skor itu bahkan blom termasuk ama perolehan penjualan album fisik yang maybe emang blom masuk laporannya. Bolehlah berbangga hati sedikit. Sedikit aja lho ya jangan banyak-banyak ntar jatohnya malah sombong. Soalnya sombong itu membahayakan banget, awal dari sebuah kejatuhan. Dan pastinya nggak mau dong hal itu terjadi…

image

Dan seperti harapan setiap fans, semoga kemenangan-kemenangan lainnya akan segera menyusul. Semoga Exo bakal memecahkan rekor-rekor lainnya. Semoga dan semoga senantiasa sukses untuk ke depannya. Dan semoga di kalangan fans gak boleh ada fanwar-fanwaran lagi, ya. Capek. Lelah. Nggak ada manfaatnya…

Di comeback EXO kali ini tuuuh, rasanya emang lain dari sebelum-sebelumnya. Mulai dari teaser sampai segala tetek-bengeknya. Unconventional, kalo kata media sana bilangnya. Dan emang iya sih begitu nyatanya. Karena ini Exo, yang keliatan excited nggak cuman fans doang, media juga bahkan ampe Billboard aja rilis artikel ampe nge-riview track by track album EXODUS baca disini. Fuse aja ampe masukin Call Me Baby ke 11 track yang direkomendasiin buat didengarkan dan masuk di track numb 7. Pokoknya sejak dari munculnya teaser ampe rilis album ampe rilis MV tuh kalo ngomongin prestasinya EXO bakalan nyita waktu dan tenaga banget buat ditulis karena buaanyaaaaakkk banget. Sekali lagi seperti kata Chanyeol di caption IG nya hari ini, the power of EXO-L … and EXO’s hardwork tentunya.

Nah, ngomongin soal album barunya EXO, gue mau sedikit berbagi pemikiran gue lagu per lagunya disini. So, mari kita mulai.

1. Call Me Baby

Sebelum lagu ini rilis resmi, sebelomnya SM udah ngasih detail dan deskripsi bagaimana lagu yang merupakan title track ini. Sesuai banget ama yang udah dideskripsikan kalo menurut gue. Nggak berlebihan emang kalo dibilang adiktif. Banget malahan, entah itu dari segi liriknya maupun dari irama lagunya. Sangat mudah untuk dicintai. Ngajak goyang banget. Nggak heran kalo dance-nya pun bertebaran itu goyang pinggul di mana-mana. Dan bagian yang paling gue suka adalah backsound-nya yang serupa ama suara desisan orang yang kepedesan abis makan cabe rawit.  Kasih kesan sexy. Dan sepertinya Exo emang di album ini lebih mature, nggak lagi terlalu misterius kaya sebelumnya. Lebih anak muda banget. Kalo kata Billboard, bikin nostalgia ama boyband tahun ’90-2000an kaya NSYNC. Suatu kehormatan bagi Exo.

Bedanya ama Growl, lagu Call Me Baby ini lebih padet. Temponya cepet banget. Bikin keteteran gue ngapalin liriknya ampe nyeret-nyeret. Dan kenapa harus ada suara embek mbeeeek mbeeek nya coba? Iya tau sih kalo itu Beib, tapi kan kalo didengerin sekilas ya kaya suara kambing yang tengah mengembik. Akhirnya, jadi bahan empuklah itu buat dibully.

2. Transformer

Waktu pertama kali diumumin track lagunya dan ada judul ini gue bertanya-tanya. Kok judulnya kaya judul film? Ntang-mentang sesama makhluk luar angkasa pa gimana? Tapi setelah album rilis, yang pertama kali gue dengarkan adalah lagu ini karena penasaran ama judulnya yang nggak biasa. Begitu keputer…. Gilaaakkk… Bisa nggak sih Exo keren biasa aja nggak usah kebangetan? Hahhahah nggak bisa, udah cetaknya SooMan kalo Exo itu super keren. Dan yang bikin lebih seneng adalah part-nya Sehun disini lebih banyak dari biasanya. Yesss.

Lagu ini nuansanya army, dan entah kenapa gue malah ngerasa disini feel-nya berasa Agnes Monica. Nggak tahu, begitu aja yang timbul di pikiran gue. Gue senyam-senyum sendiri dengerinnya, ngebayangin Exo pake baju a la army dengan tampang gahar rupawan. Dan pas bagian Hey Pretty Lady seterusnya itu gue malah kebayang ama koreografinya lagu Good Boy-nya GD x Taeyang yang gerakannya tepok tangan sejajar lutut sambil jalan ke depan perlahan. Pokoknya memasuki lagu ini tuh kejutan banget, something new from Exo.

3. What if…

Pada dasarnya gue nggak terlalu suka lagu mellow. Gue lebih suka yang up beat. Tapi mungkin karena gue suka Exo secara otomatis apa pun materi lagu yang dikasih ama Exo pasti gue suka. Termasuk ini salah satunya. Mengalun lembut, adem, dan kalo sembari baca liriknya plus artinya tuh kaya langsung ada belati yang menyayat pelaaan, perlahan, sakit. Betapa mereka membawakannya dengan penuh penghayatan sehingga pesan yang pengin disampaikan tuh sampai ke pendengar. Dan yang paling bikin gue kaget adalah warna vokalnya Kai yang menurut gue semakin kesini semakin bagus. Dia banyak kemajuan. Tapi lagu ini memang nggak terlalu merluin kemampuan vokal yang wah sih, ya iya, tapi tetep aja Kai makin bagus…

4. My Answer

Okay, jadi judul lagunya cuman My Answer tanpa is you.
Ballad romance, bercerita tentang sebuah pengakuan dari seorang cowok yang sedang mencari jawaban atas keresahan hatinya yang tengah dilanda cinta. Dan ternyata jawabannya adalah kamu. Iya, kamu, EXOL yang lagi baca tulisan gue. Hehhehehhehhehe.

My Answer ini setipe ama What is Love, Tell Me What is Love sama Moonlight. Lagu-lagu yang mempertunjukkan kemampuan vocal para vokalis utamanya. Kalo biasanya cuman Baek ama D.O kali ini Suho juga ikut andil dalam ngasih sumbangsih suaranya yang merdu-halus-lurus tanpa liukan sana sini macem Baekhyun.
Syahdu, cuman diiringin instrumen piano. Dan misalkan gue dinyanyiin lagu ini sambil Chanyeol ngelamar gue maka saat itu juga gue nggak bakal bisa nahan diri buat nggak bisa nggak meluk dia dan nyium dia bertubi-tubi wahahhahahhahahhaa.

Dan yeah, mungkin emang bener sih kalo lagu ini tuh next chapter dari What is Love sama Tell Me What is Love, karena dari segi lirik ketiganya nyambung. “karena hanya kamulah yang mengajarkanku apa itu cinta”

5. Exodus

Judulnya sama kaya title album tapi ini bukan track utama, melainkan 2nd track utama bisa jadi karena buktinya dibawain buat pendamping lagu Call Me Baby di comeback stage. Exodus ini juga nggak kalah enak, nggak kalah adiktif sama Call Me Baby tapi mungkin kurang “strong” untuk dijadiin title track.
” Dangerous, dangerous, she’s so dangerous. Exodus, exodus, it’s my exodus”
Dan seringnya gue ganti jadi,
“Gorgeous, gorgeous, exo is gorgeous”
Karena gue sayang ama Exo (gak ada nanya!).
Baru di lagu ini nuansa misteriusnya Exo dapet. Kayanya kalo dibikin MV baik itu drama version atau dance version bakal Ok. Cuman ya kalo SM mah bikin MV buat Exo ya pasti lebih nitikberatin ke dance pastinya. Tapi gak apa-apa sih, gue seneng ama dance-nya apalagi pas di fancam exoluxion trus yang kena shot si Baekhyun pas part Dangerous dangerous itu yang dia satu tangan nutup bagian mulut satu tangan dengan telunjuk tegak mengisyaratkan penolakan. Keren.

6. ElDorado

Pas denger pertama lewat fancam konser gue serius merinding. Gilak ini lagu mistik banget. Mistik-nya bukan yang nyeremin gitu. Kaya lagu My Answer dan What if… ElDorado tuh sukses mengejawantahkan apa yang pengin disampaikan sama Exo lewat lagu ini. Bahkan ini yang menurut gue paling Exo banget feelnya. Satu-satunya di album yang nggak ngomongin cinta. Tentang perjuangan, mimpi, kepercayaan. Penggambaran tentang karir Exo.

I can’t confirm anything. I can’t promise anything.
Find the Eldorado, the bigger adventure, the more danger follow. Even if we’re walking in storms on some days, if we’re together I won’t be afraid. No pain, no gain…”

Dari lirik di atas bagi gue sangat merepresentasikan keadaan Exo saat ini. Bagaimans mereka tengah berusaha keras untuk menjadi “lebih berarti” layaknya legenda. Dia ngajak kita, EXOL buat berjuang bersama, mengahadapi bahaya,menghadapi badai.

Eldorado sendiri kalo menurut bahasa artinya manusia yang bersepuh emas. Legenda tentang raja yang gemar melakukan ritual untuk dewa yang dipujanya, membaluri tubuhnya dengan debu emas lalu menaiki perahu berisi persembahan berbagai barang dari emas bersama tetua adat ke danau. Sampai di tengah danau dia akan membersihkan dirinya disana. Karena legenda ini, banyak para penjelajah dari Eropa yang berlomba untuk mencari Eldorado ini. Dan sampai sekarang pun masih menjadi misteri (lengkapnya bisa dibaca via wiki).

Epic. Megah. Syarat makna.

5. PLAYBOY

OUGHHHHHHH, THIS IS MY FAVORITE. Paling favorit di antara semua lagunya di album Exodus. Nggak tahu, pokoknya sejak denger pertama kali tuh tiap kali dengerin ini bawaannya hati seneng tiada terhingga. Hati gue rasanya penuh. Napas gue sesak dipenuhi kebahagiaan. Kepala gue pusing, kepayang. Gue ibaratkan kaya gue pengin keluar rumah menerjang hari yang hujan gerimis. Berputar di bawah rintiknya dengan wajah menengadah. Lalu berhenti, memandang ke salah satu sisi dimana Chanyeol berada. Lalu kita berdua tersenyum. Senyum yang memiliki banyak arti. Tanpa kata, kita berdua hanya bicara dengan tatapan mata, penuh cinta.

Ya gitu, bawaannya kaya gue lagi jatuh cinta. Tapi itu sebelum gue tau makna dari tiap liriknya. Karena begitu gue tahu, Maaaak, kenapa liriknya seduktif begini? Sensual. Sexy. Kerjaannya Bang Jonghyun si ya. Tapi gue sukak ya gimanaaaa. Ya udah suka aja.

Dan apalagi kalo liat live performnyaaa, Ya Allaaah dapatkah kau menghibahkan oksigen berlebih pada hamba?

Satu lagi warna baru dari EXO.

8. Hurt

Abis dibikin klepek-klepek lalu disuguhin musik misterius dengan irama pembuka menyerupai lagu klasik yang chic buat dansa ala ala bangsawan baheula yang pake gaun ngembang kaya kurungan ayam. Dan Chanyeol yang sedang berdansa ama gue adalah bangsawan vampir nan tampan ala fanfic gitu deh jadinya. Imajinasi gue ya kadangkala terlalu aneh dan nyeleneh.
Hurt ini pokoknya hampir serupa ama Exodus deh pokoknya. Satu warna dan hampir satu rasa.

9. Lady Luck

Gue bengong pas bagian awalnya.
PCY APAAAA INIIIII???
Lalu memasuki partnya D.O hingga chorus dan seterusnya ini lagu ngingetin gue sama ost-ost telenovela gitu, latin. Kemudian suasananya dirusak oleh suara desahan cewek yang muncul di pertengahan.
Apaaaaaaan iniiiii apaaaaan????
Sumpah pas pertama dengerinnya gue ngakak nahan kencing ampe terjungkal dari kasur. Sumpah kocak gimana sihhh, ya Tuhaaaan, gue berasa kenapa satu album ini berasa dipenuhi oleh suara desahan. Okay kalo suaranya anak Exo gue udah terbiasa ya malah gue sukak cuman, cuman… Cuman, ini cewek dan begitu rupa jadi antara lucu kocak geli dan apaan sih ini gitu lah pokoknya, tau kan maksut gue? Kalo nggak tau ya mohon abaikan saja…

10. Beautiful

Salah, asli salah besar kalo lagu Beautiful ditaro di track pamungkas. Karena ini lagu sekeren ini dan begitu lagu usai tuh kaya kuping ama hati yang nggak trima lalu akhirnya mengulang kembali dari awal. Replay lagi lagi lagi dan lagi. Jadinya ya begitu terus berasa ogah berenti. Emang ya SM… Good job deh pokoknya buat EXODUS kali ini

Beneran satu album tuh nggak ada yang bikin gue pengin nyekip lagunya lalu beralih ke lagu selanjutnya. Nggak ada. Enak semua. Nyaman di hati ama di kuping. Hanya saja nggak ada yang aman sama sekali buat kesehatan dan kewarasan fangirl, serius. Bikin makin gila Exo tau gak sih.

Dan yang masih jadi pertanyaan adalah, kemana raibnya lagu Promise, Full Moon dan Drop That???
Masih disimpen?
Buat apa?
Repackage???

Dan Chanyeol kemarin udah ngode di Guerilla Date soal rapackage. Maka… Hela napas… Bersiap saja untuk segala kemungkinannya.

Ough, Exo, tidakkah kau tau hati ini lelah rasanya tiap harinya harus berdetak sedemikian kencangnya sebab kalian…

Kalo beneran ada repackage, plis lebih keren. Plis, slay!!! Dan bungkam itu mulut haters!
Juga jangan lupa Tao ya dijaga kesehatannya, dipulihkan bener, kalian juga jaga kesehatan. Jangan diforsir terlalu berlebihan.
Dan selanjutnya yang paling gue tunggu adalah FULL MOON. Karena itu lagu buat para Rapper-nya EXO.

Kalo kalian? Lagu mana yang paling kalian suka???

5 tanggapan untuk “Album EXODUS dalam Kacamata Gue”

  1. Aku suka sama hurt. Banget. Sangat. Enak aja di dengarnya di banding call me baby, hhehe
    Fool moon ? aku juga gasabar. TAO !!!

  2. hai
    aku setuju sama komentarnya di beberapa lagu dan lebih banyak setujunyaa sih di banding nggak mwehehehehe
    btw lagu fav. aku di album ini tuh ya el-dorado soalnya aku suka kesan misterius yg aku dpt di lagu ini karena ini lagu yg mengisahkan perjuangan mereka malah bikin aku sesak tiap kali denger dan dance-nya bikin pengen bisa tpi susah soalnya tempo gerakannya cepet….tangan kaki di bawa kesana kemari jadi pusing sendiri liatnya…..tpi aku suka bgt hihihi

  3. hai, kakak aku suka blognya 👍 baca review kaka aku jd ketawa2😁 tapi lagu exodus itu kaka tau gak tentang apa? kata nya sih tentang cewek yang cantik tapi berhati duri 😣 kalau kaka ketik keyword exodus ke abjad huruf pasti kaka tau jawabnya!! 😜

Tinggalkan komentar